Selamat Datang di Magister Manajemen Pendidikan Islam

Dr. Diyah YS : Pasca Sarjana Unisma Siap Bersaing Di Kanca Perguruan Tinggi Nasional dan Internasional


Sekolah Pascasarjana Unisma Bekasi jurusan Magister Manajemen Pendidikan Islam mengadakan Workshop “Cara Mudah Menulis Tesis dan Jurnal”. Acara yang digelar Sabtu, 18 November tersebut dihadiri lebih dari 250 Mahasiswa jurusan Magister Manajemen Pendidikan. Antusiame mahasiswa tersebut membanjiri ruang seminar lantai tiga gedung Pasacasarjana Unisma. Acara tersebut adalah inisiatif dari para mahasiswa dan didukung oleh Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan Islam yaitu Dr. Diah Yuli Sugiarti, SE,M.Pd.I.

Dr. Diyah dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa mahasiswa pascasarjana khususnya jurusan Magister Manajemen Pendidikan Islam harus lebih unggul, produktif dan berdaya saing tinggi. Mahasiswa MPDI harus terampil menulis khususnya tesis, karya ilmiah dan jurnal nasional maupun internasional. Tuntutan ini akan menjadikan jurnalistik pendidikan hidup dikalangan intelektual, maka dari itu magister manajemen pendidikan Islam harus siap melahirkan generasi tersebut.

Hadir para pembicara  acara Workshop tersebut diantaranya adalah Dr. Yayat Suharyat sebagai pembicara Peningkatan Mutu Penelitian Dikalangan Mahasiswa. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa menulis itu mudah, apalagi bagi yang mau menulis, jadi syarat pertama untuk bisa menulis dan jadi penulis  adalah kemauan.  Dengan senyum dan guyonan yang khas Dr. yayat saat menjawab pertanyaan mahasiswa tentang kiat memiliki semangat menulis tesis, beliau menjawab dengan memberikan pertanyaan kembali pada mahasiswa,”dulu saat bapak ingin meminang istri, apa yang bapak lakukan?. Mahasiswa menjawab. “wah saya semangat sekali, semangat 45”, kemudian beliau menjawab,”Nah seperti itu seharusnya semangat bapak, harus semangat 45, jika tidak maka akan ketinggalan”, spontan seluruh isi ruangan ikut tertawa.  

Dr. Ibnu Muthi, M.Pd sebagai pembicara kedua dengan materi Penulisan Penelitian Kuantitatif, mengatakan bahwa menulis tesis kuantitatif itu mudah apabila memiliki kemauan, janganlah segudang pekerjaan dan aktifitas kita menjadi penghalang untuk menulis tesis, yang paling penting adalah ada kemauan dan mau mengatur waktu.

Pembicara ketiga adalah Dr. Diyah Yuli Sugiarti, SE, M.Pd.I yang membahas tentang penulisan penelitian kualitatif dan jurnal. Dalam materinya beliau mengupas tuntas tentang mudahnya penulisan kualitatif dan jurnal. Beliau menjelaskan sistematika penulisan penelitian kualitatif dan jurnal. Di akhir materinya beliau juga memberikan motivasi agar mahasiswa harus mulai berlatih untuk membaca, menulis, agar memiliki keterampilan membuat penelitian dan jurnal. Maka dari itu di sesi ahir workshop beliau memberikan lembar kerja mahasiswa membuat model penelitian kualitatif dan jurnal kemudian mempresentasiannya di depan teman-teman mahasiswa lainnya.

Kegiatan acara tersebut ditutup dengan sesi foto bersama mulai dari mahasiswa angkatan 2014 sampai angkatan 2017. [agg]
Share this post :
comments
 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2017. MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM | PASCASARJANA UNISMA - All Rights Reserved
Template by Mas Agung Published by Mas Agung
Proudly powered by Blogger