Dr.Diyah Yuli Sugiarti S.E.,M.P
Dosen Pascasarjana Unisma Bekasi
diyah.ys@gmail.com
ABSTRAK
Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di era digital memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan tak terkecuali dalam Pendidikan Tinggi. Dalam setiap kesempatan TIK begitu menjadi hal yang sangat diperlukan untuk peningkatan mutu yang ada di setiap elemen kehidupan di kampus-kampus, dari mulai dosen, tenaga kependidikan hingga kepada mahasiswa. Dalam perkembangannya semua organisasi, individu maupun intansi-instansi tidak lepas dari peranan TIK dalam dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepengelolaan TIK baik dari perangkat keras maupun lunak dan instalasi jaringan internet di Unisma Bekasi, sehingga dapat mendukung mutu Pembelajaran sekaligus mempermudah serta mempercepat layanan administratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Data diambil dari observasi, analisis dokumen dan literatur serta wawancara kepada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan (civitas akademika ) Unisma Bekasi. Hasil yang didapat adalah Unisma sudah memiliki fasilitas TIK yang baik dan dapat dipergunakan oleh semua unit/pasca/fakutas. Namun masih tingkat pemanfaatan TIKnya kalangan civitas akademika belum efektif. Hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan soft-skill tentang TIK, sehingga diperlukan upaya kongkrit untuk meningkatkan kemampuan skill TIK di kal angan civitas akademika Unisma Bekasi dan untuk mencapai tujuannya perlu pengelolaan TIK yang efektif
Kata Kunci: Pengelolaan (Manajement), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
A. PENDAHULUAN
Di seluruh dunia pendidikan berharap dan yakin bahwa infrastruktur Teknologi Informasi & Komputer (TIK) baik dari aspek perangkat keras, perangkat lunak, instalasi jaringan internet dan sumberdaya manusianya akan memberikan manfaat dan dukungan yang sebesar besarnya pada setiap kegiatan yang dilakukan di dalam dunia pendidikan baik yang ada di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi.
Kehadiran teknologi infomasi dan komunikasi sangatlah bermanfaat dalam kehidupan karena memberikan kemudahan bagi penggunanya. Beberapa manfaat teknologi informasi dan komunikasi yaitu : 1) Media untuk bertukar informasi, 3) Sarana komunikasi, 3) Mempermudah pembelajaran, 4. Peningkatan efektif dan efisiensi. 5. Meningkatkan produktivitas sebuah pekerjaan
Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional melalui Rencana Strategis (Renstra) tahun 2014-2019, berupaya untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dilakukan melalui pendayagunaan TIK di bidang pendidikan. Hal ini mencakup peran TIK sebagai substansi pendidikan, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi pendidikan, alat bantu manajemen satuan pendidikan, dan infrastruktur pendidikan
Komitmen tersebut perlu dipertahankan untuk menjaga kesinambungan pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan. Rekdale (2001) mengemukakan bahwa pada program di masa lalu untuk menyediakan teknologi ke sekolah kebanyakan mencapai sedikit sukses dalam jangka waktu yang cukup lama dan jarang sekali menunjukkan perkembangan. Persyaratan mengenai laboratorium bahasa adalah contoh yang umum. Biasanya ada enam masalah utama, yaitu ; (i) Anggaran untuk perawatan fasilitas awal tidak tersedia; (ii) Pelatihan biasanya terlalu spesifik dan tidak berhubungan dengan kebutuhan di lapangan atau perubahan sikap, (iii) Tidak tersedianya karyawan untuk perawatan rutin dan pengembangannya, (iv) Tidak tersedianya teknisi ahli atau terlalu mahal, (v) Materi yang sesuai untuk mengajar tidak tersedia, dan (vi) Lemahnya kondisi kerja guru di lapangan mendorong bahwa mereka tidak dapat membagi waktu untuk mengembangkan materi mengajar secara kreatif.
Di sisi lain, sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran memiliki dampak positif terhadap performansi dan prestasi belajar siswa (Graus, 1999; Stepp-Greany, 2000; Stepp-Greany, 2002; and Choi andNesi,1999).
Hal di atas menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK di bidang pendidikan perlu mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak terkait, termasuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi.
Dari uraian di atas maka tak ada yang memungkiri peran TIK dalam kehidupan, khususnya dalam dunia pendidikan. Hanya saja tidak semua mampu mengikuti perkembangan TIK dan memanfaatkan fasilitas TIK yang . elah dimilikinya
Berkaitan dengan Teknologi Informasi dan komunikasi, Unisma sendiri telah memiliki fasilitas TIK dalam diantaranya adalah memiliki website www.Unismabekasi.ac.id serta telah membangun dan menerapkan beberapa aplikasi pendukung. Di antara aplikasi pendukung yang telah dibangun adalah sebagai berikut: 1) Web Trace Study Unisma Bekasi. Aplikasi ini digunakan untuk merekam jejak alumni Unisma. Setiap alumni dapat menginput perkembangan data masing-masing melalui web kapan dan di mana pun mereka berada. 2) SIMPATIK (Sistem Pembelajaran Elektronik) Unisma. Aplikasi ini disediakan sebagai pelayanan kepada dosen dan mahasiswa yang ingin menggunakan metode belajar e-learning dalam mendukung proses perkuliahan sehari-hari. 3) E-Journal Unisma. Aplikasi ini telah dibangun dan dimanfaatkan oleh LPPM Unisma dalam mewadahi penerbitan online karya tulis ilmiah para dosen dan mahasiswa pada semua Program Studi. 4) DMS Unisma. Aplikasi ini telah selesai dibangun, dan akan digunakan oleh TIK sebagai pangkalan untuk mengelola dokumen berbasis digital, baik berupa surat, Surat Keputusan, dokumen administratif, dokumen akademis, maupun sertifikat dan Ijazah. Namun fasilitas yang ada belum dimanfaatkan secara optimal oleh civitas akademika di setiap fakultas.
KLIK DI SINI