Selamat Datang di Magister Manajemen Pendidikan Islam

Kaprodi MPI Dr Diyah Yuli Sugiarti Narasumber Pelatihan di Universitas Tadolaki, Palu

Prodi MPI- Palu, 15/09/2018 Universitas Tadolako, Palu Sulawesi Tengah melaksanakan Masa Orentasi Mahasiswa  Baru tahun 2018/2019, di dalam masa orentasi tersebut sarat unsur motivasi dalam pendidikan, diantaranya dilaksanakan juga seminar Pendidikan, Expo Pendidikan, Pelatihan Kepemimpinan dan Pentas Seni Mahasiswa.

Dalam pelatihan mahasiswa baru tema yang diusung adalah “PELATIHAN MANAJEMEM KEPEMIMPINAN”. Yang luar biasa dalam acara pelatihan ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bekerjasama dengan Himpunan Doktor Manajemen Pendidikan Indonesia (HIDMAPI) dimana Wakil Dekan I FKIP  yaitu Dr. Iskandar Ahmad M.Pd. sebagai Ketua HIDMAPI mengundang 12 Doktor Manajemen Pendidikan dari berbagai Propinsi. Setiap Doktor mempresentasikan makalah yang disampaikan dalam acara Pelatihan Kepemimpinan tersebut.

Salah satu yang hadir adalah Dr. Diyah Yuli Sugiarti S.E.,M.Pd.I ketua program Studi Magister Managemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Unisma Bekasi. Pada kesempatan ini Dr. Diyah membawakan makalah berjudul Peran Kepemimpinan di Era Millineal/ Industri 4.0.

Dalam perubahan menyambut revolusi Industri 4.0, Pendidikan harus dinamis dan penuh kreatif dan inovasi untuk membangun kekuatan diperlukan kerjasama dan kolaborasi sehingga kekuatan semakin kokoh di Era Millineal. Menyambut era tersebut perubahan dimulai dari diri pemimpin. Kepemimpinan karismatik (yang berkepribadian), transformasional (komunikastif) visioner (kreatif dan inovasi dalam kedinamisan masa depan), situasional (motivator dalam perubahan kepada bawahannya) menjadi gaya kepemimpinan yang dibutuhkan.

Kepemimpinan dalam pendidikan bukan sekedar pemimpin biasa, namun pemimpin yang menyatu dengan manajer. Artinya pemimpinan harus pula memiliki kemampuan manajerial untuk mengelola Pendidikan. Maka pemimpinan yang  membuat konsep merubahan melalui Planning, Organization, Actuating serta Controlling (POAC).

Setelah mendapat studi kelayakan perencanaan maka perubahan bisa dimulai dengan menerapkan manajemen perubahan yang dimulai dari perbahan individu, kelompok, organisasi dan sistem.  Dalam era ini pimimpin harus memiliki keterampilan abad 21 yaitu ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang diakui kebaikannya. Kemudian melalui dirinya dia bisa memotivasi dan memberikan peningkatan keterampilan abad 21 tersebut. (RW)
Share this post :
comments
 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2017. MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM | PASCASARJANA UNISMA - All Rights Reserved
Template by Mas Agung Published by Mas Agung
Proudly powered by Blogger